Berapa modal mengerjakan internet marketing?

Salah satu temanku pernah bertanya soal berapa uang yang sudah aku keluarkan untuk mengerjakan internet marketing. Aku jawab, ” Gue gak ngitung, soalnya nanti sakit hati kalau ternyata modalnya gak balik. Yang penting gue usaha terus.”

Sebenarnya bukannya  aku tidak memperhitungkannya, aku tetap catat kok pengeluaran-pengeluaran yang berhubungan dengan IM ini. Cuma aku tidak ambil pusing totalnya. Namanya juga bisnis, mesti ada cost yang dikeluarkan. Aku tahu aku belumlah sukses di bidang ini, tapi aku mau terus mencobanya, karena peluang itu selalu ada, karena teman-temanku ada yang berhasil, karena orang-orang di luar sana juga ada yang berhasil.

Jadi, kalau ditanya berapa modal untuk mengerjakan internet marketing, aku bisa jawab ada dua macam modal yang kamu perlukan:

1. Modal mental

Modal ini diperlukan saat kamu memulai bisnis apa pun: jangan mudah menyerah, jangan ada rasa takut memulai sesuatu yang baru, sabar, dan tabah.
Kamu mungkin pernah baca ada website yang menggaungkan cepat kaya lewat internet, percayalah, tidak semudah itu. It will take time your time and energy. Kalau kamu tidak sabaran, bisa-bisa kamu frustrasi karena sudah meluangkan banyak waktu dan modal finansial, tapi BELUM ada hasil.

Kamu juga mesti rajin riset, rajin update pengetahuan kamu dan update tren, rajin tanya sana sini.

2. Modal finansial

Untuk membuat blog berbayar atau satu website, setidaknya kan beli domain name dan beli hosting service.
Kalaupun tidak mau blog yang berbayar, yang free juga ada sih. Tapi, misalnya kamu mau ikutan domain parking, emangnya kamu gak beli domain name juga?

Belum lagi kalau kamu mempromosikan jasa/produk kamu di layanan iklan, seperti Google Adwords atau Bidvertiser, Chitika atau lainnya. Kamu mesti bayar lho layanan itu, bisa dengan cara prepaid (menyimpan sejumlah deposit) atau postpaid (membayar sesuai klik iklan).

Kamu mungkin juga perlu membeli beberapa software pendukung bisnis ini.

Anyway, pada dasarnya, kuncinya sama aja seperti bisnis yang lainnya. So, mau coba internet marketing?

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »