Beradaptasi dengan pekerjaan baru

Aku mulai masuk di kantor baru tanggal 5 November 2008. Jadi sudah tiga hari aku bekerja.

Hari pertama, sudah ada laptop yang disiapkan untukku. Bukan laptop baru, tapi operan dari karyawan lama yang posisinya aku gantikan. Selain itu, sudah ada satu bundel dokumen yang mesti aku baca, seperti employee handbook dan compliance training. Berhubung perusahaan ini adalah perusahaan USA, mereka sangat berpegang pada peraturan Anti Bribery, alias anti suap dan KKN! Jadi aku mesti paham juga soal itu.

Lalu aku sudah di suguhi e-mail soal training. Dan satu buku modul tentang Stapling & Laparoscopy sudah siap di mejaku untuk dibaca. Selain itu, materi lainnya bisa dibaca online dan harus mengerjakan tes-tes yang ada dengan syarat mesti dapat nilai minimum 90%.

E-mail “saying hello” kukirimkan kepada VP, Senior Regional Manager, dan HR Manager.

Workstationku berupa cubicle, meja huruf L. Posisi tidak strategis, karena berada di lorong yang dilewati Host Country Managerku menuju ruangannya http://emo.huhiho.com (nanti aku ambil fotonya ya….)

Dari tiga hari ini, yang bisa aku cermati adalah bekerja di perusahaan besar, yang ada di top 5 health care company in the world, 45.000 karyawan worldwide, semuanya terstruktur tetapi tentu saja jadi lebih rumit. Dari aspek tertentu, memang waktu kerja bisa fleksibel santai. Yang pasti, penekanan selalu pada sales target. Target divisiku untuk finance year 2009 $1 juta !

IT Department ada di Singapura. Jadi kalau ada masalah dengan laptop, kami telepon ke sana.

Intranet menjadi sarana komunikasi. Di sana terdapat update internal regional Asia, ada pula intranet kantor pusat. Sarana pembelajaran di dapat secara online. Sayangnya, koneksi internet lambat, karena menggunakan VPN. Ummm, apa lambat karena banyak orang yang sedang akses intranet ya?

Di kantor, total ada 9 orang. Tetapi pekerjaan kami tidak terkait (kecuali divisi Surgical & EbD), karena tiap manager punya atasan masing-masing yang berlokasi di negara yang berbeda. Misalnya, atasanku kantornya di Malaysia, sedangkan atasan manager divisi Imaging ada di Filipina, lalu atasan manager Patient Care ada di Thailand.

Setiap pagi saat aku sampai kantor, biasanya cuma ada Mas Satam yang tugasnya bantu-bersih, disusul Business Support Coordinator, yang jarang banget aku lihat take a break from her work. Karyawan yang lain baru datang siang, karena ke lapangan dulu.

Hari ini meeting dengan distributor. Tampaknya harus lebih tegas http://emo.huhiho.com dengan mereka supaya mereka perform.

Minggu depan VP-ku datang dengan seorang Profesor dari Singapura yang akan memberikan lecture dan memimpin live demo. Mungkin aku tidak ikut acara mereka karena mesti fokus persiapan training. Kalau gagal di minggu pertama, aku akan dipulangkan (padahal programnya 5 minggu) dan ini akan menjadi rapor buruk di masa percobaan.

Ada beberapa masalah administrasi yang mesti diurus, sehubungan dengan dealku dengan perusahaan sebelum masuk kerja.

Semoga semua berjalan lancar http://emo.huhiho.com

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ยป